Alterna®: Alternatif Utama Antibiotic Growth Promotor yang Aman untuk Ternak dan Ramah Lingkungan

Alterna®: Alternatif Utama Antibiotic Growth Promotor yang Aman untuk Ternak dan Ramah Lingkungan
Maret 8, 2021 Nutricell
In Uncategorized

Alterna®: Alternatif Utama Antibiotic Growth Promotor yang Aman untuk Ternak dan Ramah Lingkungan

Oleh: Raymundus Genty Laras, S.Pt., M.Si. | Technical Manager of PT Nutricell Pacific

Penggunaan antibiotik yang tidak taat aturan dalam industri peternakan berkontribusi besar terhadap timbulnya resistensi antibiotik. Jika tidak ada kepedulian dalam penanganannya mulai dari sekarang, maka dalam tiga puluh tahun mendatang akan menyebabkan jutaan manusia meninggal dan kerugian yang tidak sedikit

Penanggulangan terhadap resistensi antibiotik dapat dimulai dengan memunculkan kesadaran akan betapa pentingnya penerapan biosekuriti pada usaha peternakan. Masih rendah- nya tingkat biosekuriti pada usaha peternakan di Indonesia serta tingginya tantangan di lapangan, menuntut agar pembatasan peng- gunaan antibiotik dilakukan secara bertahap. Indonesia sebagai negara tropis dengan tingkat kelembaban relatif tinggi menjadi tempat yang sangat mendukung untuk pertumbuhan bakteri patogen yang dapat berpengaruh buruk terhadap performa ternak.

Dominasi bakteri patogen menyebabkan beban mikroba usus me- ningkat sehingga mengganggu proses penyerapan nutrisi. Hal ini juga dapat meningkatkan produksi hasil metabolit seperti amonia (polutan bagi lingkungan) dan memicu timbulnya stres imunologi pada ternak. Dengan demikian, ternak menjadi tidak dapat tumbuh dengan optimal.

Antibiotik telah lama digunakan untuk mencegah penyakit dan meningkatkan performa ternak. Penggunaan antibiotik yang tepat juga mampu meningkatkan pendapatan peternak berkat kemampuannya untuk mengkonversi nutrisi dalam pakan secara efektif dan efisien. Inilah alasan kenapa penggunaan antibiotik begitu sulit dihindarkan.

Hadirnya kebijakan pembatasan antibiotik dimulai di Uni Eropa pada akhir Juni tahun 1999 karena memicu resistensi akibat praktik penggunaan yang tidak bijak atau tidak mengikuti aturan dosis yang disarankan dan tidak rasional, yaitu tidak sesuai indikasi penyakit. Sejak saat itu pula negara-negara lain turut memperbincangkan hal ini, termasuk Indonesia. Hal ini lantas menyebabkan para pelaku usaha peternakan mencari alternatif yang lebih aman dan tetap ampuh.

Optimalisasi Investasi dengan Alterna®

Dalam komitmennya sebagai penyedia solusi nutrisi, PT Nutricell Pacific menghadirkan Alterna® untuk menjawab kebutuhan alternatif antibiotik yang aman dan ramah lingkungan. Alterna® mengandung

tiga macam (essential oils) zat aktif, yakni: Thymol (tanamanThymus), Eugenol (Cengkeh) dan Piperine (Lada Hitam). Selain itu, Alterna® juga mengandung asam organik, yakni asam benzoat, mineral tembaga organik, dan beberapa enzim berikut: β-glucanase; Cellulase; Xyla- nase; dan Phytase. Dari kandungan-kandungan ini, dapat dinyatakan bahwa Alterna® aman sekaligus juga ramah bagi manusia, hewan, dan lingkungan.

Produk Alterna® yang ditawarkan PT Nutricell Pacific ini merupakan produk yang menarik sebagai salah satu alternatif pengganti antibio- tik yang ampuh dan pengaplikasiannya sangat mudah. Suplementasi Alterna® yang tepat dan terukur menjadi solusi paling memungkinkan atas kondisi pembatasan penggunaan antibiotik pada ternak. Sehingga ternak dapat secara efektif mencerna pakan yang diberikan, mening- katkan pertumbuhan dan pendapatan peternak.

Meningkatkan Performa Broiler dan Layer

Sebuah percobaan pada peternakan broiler (ayam pedaging) di daerah Jawa Timur membuktikan bahwa penggunaan Alterna® dapat

memperbaiki performa ayam. Hal ini dapat dilihat dari selisih bobot badan (BW/Body Weight) dan FCR (Feed Convertion Ratio) antara Alterna® dan kontrol.

Performa Broiler dengan pemakaian Alterna® menghasilkan penam- bahan body weight di tiap periode (10, 20, dan 34 hari) berturut- turut sebesar +6 gram; +22 gram; dan +38.5 gram dan FCR sebesar -0.03 pada tiap periode. Dengan demikian, pemakaian Alterna® dapat meningkatkan BW dan menurunkan FCR masing-masing sebesar 2 %.

Sementara, sebuah percobaan juga dilakukan pada peternakan ayam petelur (layer) di Jawa Timur membuktikan penggunaan Al- terna® dapat memperbaiki performa ayam petelur. Hal ini dapat dilihat dari persentase HD yang +1.24 lebih tinggi dibanding kontrol, lalu komparasi FCR Alterna® dengan kontrol sebesar -0.06 (1 %) dan EW pada Alterna bertambah sebesar +0.4 dibanding kontrol, pada ayam petelur umur 30 minggu.

Terdapat juga beberapa poin penting lain dari hasil kajian di farm-
farm terpilih di atas, yakni :

1. Alterna® efektif dan efisien apabila diberikan pada dosis 1 kg per ton pakan.

2. Alterna® tidak terindikasi memberikan efek samping negatif seperti masalah kerusakan yang berhubungan dengan animal safety sepanjang masa pemeliharaan.

3. Tidak ada indikasi masalah fisiologis pada ternak ketika proses panen maupun selama masa pengangkutan ternak.

4. Aman bagi lingkungan (tidak terakumulasi dalam tanah, biodegradable dan photodegradable).

5. Tingkat efisiensi Alterna® yang tinggi terhadap performa ternak menghasilkan rendahnya cemaran atau limbah dari Alterna®.

Cara Kerja Alterna®

Mekanisme Alterna® adalah sebagai berikut. Pertama, kandungan zat aktif dari lada hitam akan merangsang pemanjangan vili-vili usus halus yang berguna untuk penyerapan nutrisi juga merangsang kelenjar penghasil enzim agar mensekresikan enzim lebih banyak sehingga pencernaan menjadi optimal. Lalu, zat aktif dari tanaman Thymus dan dari tanaman cengkeh akan mensupresi pertumbuhan bakteri patogen gram positif dan bahkan sampai menyebabkan bakteri tersebut mati.

Kedua, kandungan asam organik benzoat akan mengondisikan suasana asam pada usus halus sehingga bakteri patogen gram negatif akan tertekan pertumbuhannya dan bahkan bisa juga mati. Hal yang sama juga berpengaruh terhadap kapang maupun jamur.

Ketiga, mineral tembaga organik akan merangsang sistem imun tubuh supaya selalu waspada dan terjaga terhadap invasi mikroba asing yang merugikan. Selain itu, mineral tembaga organik juga dapat mening- katkan aktivitas makrofag pada sel-sel imun untuk aktif membunuh bakteri patogen.

Keempat, kandungan enzim β-glucanase; cellulase; dan xylanase memastikan ternak dapat mencerna lebih banyak zat-zat gizi yang ada di pakan sehingga semakin sedikit atau bahkan tidak ada lagi zat-zat gizi yang dapat dimanfaatkan oleh mikroba pengganggu dalam sistem pencernaan ternak. Pengaruh tambahan lainnya dari adanya ketiga enzim pengopti- mal daya cerna pakan ini adalah penurunan amonia (zat yang dapat menimbulkan polusi lingkungan) pada manur atau feses sehingga mendukung terciptanya green environment.

Kelima, kandungan phytase selain membantu pelepasan mineral fosfor bagi tumbuh – kembang ternak, yang terikat pada asam fitat, juga akan membantu pelepasan myo-inositol di asam fitat tersebut, myo-inositol memiliki peran sebagai natural growth promoter. Sehingga, gabungan daya kerja masing-masing komponen tersebut di atas menyebabkan Alterna® menjadi alternatif utama Antibiotic Growth Promoter untuk mewujudkan produk ternak yang aman dan ramah lingkungan.

Tentang Nutricell

Pemahaman akan industri peternakan, serta situasi dan kondisi ternak lokal menjadikan PT Nutricell Pacific sebagai penyedia solusi nutrisi hewan yang inovatif dan produktif. Bekerja sama dengan PT DSM Nutritional Products Indonesia dan PT Novus International Indonesia, Nutricell berkomitmen menghasilkan produk berkualitas secara berkesinambungan, yang terpercaya dan berdaya saing tinggi.

Berkualitas, artinya produk yang Nutricell hadirkan dapat memenuhi harapan konsumen. Berkesinambungan, berarti Nutricell menjaga keseimbangan lingkungan dengan baik. Kami percaya bahwa produk yang baik dan aman akan menghasilkan ternak yang sehat dan produktif. Sehingga menjaga kesehatan ternak merupakan prioritas kami, yaitu dengan cara memberikan pakan yang berkualitas dengan kandungan trace mineral dan nutrisi lain yang cukup dan seimbang. Itulah sebabnya kami menghadirkan konsep Alterna®.